Berhasil di CPNS 2019: Inilah penyebab kegagalanku dulu

shape image

Berhasil di CPNS 2019: Inilah penyebab kegagalanku dulu

Assalamualaikum wr WB. 

Perkenalkan nama saya badriyah. ini perjalanan saya menggapai cita2 untuk jadi abdi negara. 

Pertama kali daftar CPNS tahun 2007/2008 lupa kapan tepatnya Krn SDH terlalu lama. GAGAL. Tahun 2009 diterima di sebuah SD swasta dan mulai mengajar. Tahun 2010 daftar lagi GAGAL lagi. 

Tahun 2014 menikah dan resign dari SD swasta, mantap jadi ibu rumah tangga saja. Tahun 2017 mendengar teman lolos CPNS jadi terpacu lagi ikut. 

Tahun 2018 dengan izin suami dan dorongan dr keluarga besar akhirnya daftar CPNS lagi. Alhamdulillah suami juga daftar juga.  Suami gagal di skd. Saya tidak lolos PG tapi lolos perengkingan akhirnya maju SKB. Tapi sayang di SKB ini tidak lolos. 

Tahun 2019 ada penerimaan CPNS lagi. Sebenarnya sudah pesimis umur juga sudah hampir mendekati ambang batas. Akhirnya bismillah pingin coba lagi. 

Ditengah cobaan besar yg sedang terjadi di keluarga kecil kami. Kami berserah hanya pada Alloh apapun takdirnya nanti. Sebelum daftar saya coba list kesalahan2 waktu lalu yang membuat saya gagal. Akhirnya ketemu, saya paparkan disini supaya dapat sebagai pengingat dan pelajaran bagi kita semua.

List penyebab kegagalanku:

1. Jumawah, kesombongan

merasa pasti bisa sehingga q lupa pada sebenar benarnya pemilik segalanya. Walaupun q sholat, puasa dan berbuat baik lainnya tapi di hati ini masih ada rasa sombong bahwa diri ini lebih baik dari yang lainnya.

2. Salah niat. 

Dari dulu niat saya hanya untuk menunjukkan kepada manusia siapa saya, dan sebagai ajang untuk balas sakit hati karena dari dulu sering diremehkan. Astaqfirulloh hal adzim. Kl ingat itu saya selalu beristiqfar.

3. Sholat istikharah 

untuk ditunjukkan mana tempat yang lebih baik untuk saya. 

4. Selalu berbuat baik 

tidak karena pamrih tapi kesadaran bahwa itu adalah memang kewajiban kita sebagai hamba Alloh


Bulan November mulai browsing2 dan pada tanggal 21 November 2019 resmi daftar sccasn. 

Pendaftaran kali ini hanya suami, orang tua saya dan adik saya saja yang tahu. Bahkan saat ujian skd saya tidak ada orang yang tahu. Cuma suami dan orang tua yang saya mintai doa restu. Alhamdulillah lolos PG dan lolos menuju ke SKB. 

Maret rencana ujian SKB diundur karena adanya pandemi covid -19 membuat hati makin was was.  Tetap belajar dari pengalaman SKB tahun lalu dan selalu bertawakal pada Alloh. Ikut grup2 belajar di wa. Dan akhirnya saya coba ikut try out dibawah bimbingan ustadz ubay. Allhamdulillah semangat lagi. Ini mungkin yang saya sebut suatu keajaiban. 

Bulan Agustus tiba2 saya dapat wapri ustadz ubay untuk masuk grup SDSA. Bagai mimpi saya bertanya dalam hati apakah benar ini jalan saya untuk lolos CPNS tahun ini? Grup yang sungguh diluar dugaan yg saya cari selama ini. Yang selalu mengingatkan saya pada kebaikan2 .

Bulan September tepatnya tanggal 19 saya ujian SKB. Hanya selalu ingat motivasi di grup SDSA libatin Alloh, andelin Alloh.( sempat wapri ustadz ubay waktu mau masuk tempat ujian.  Alhamdulillah dengan izin Alloh saya mendapat nilai diatas nilai yang saya harapkan. Puji syukur Alhamdulillah, itu bukan karena saya bisa tapi karena semua kehendak Alloh SWT.

Hati masih was was dan deg degan karena salah satu rival saya tidak muncul di livescore pada waktu itu. Ternyata rival saya itu ikut ujian susulan karena dia positif terkena covid. Saya cuma bisa berdoa yang terbaik buat dia. 

..

..

Akhirnya   30 Oktober 2020 saya dinyatakan lulus CPNS. Bagai mimpi sampai saya belum berani cerita kesiapa2 kecuali pada suami. Alhamdulillah begitu indah rencana Alloh. Sampai hari inipun saat saya menulis ini masih merasa apakah ini benar2 terjadi pada saya. Pelajaran sangat sangat berharga sekali dalam hidup saya.

===============================

©Copyright 

Tulisan ini merupakan Hak Cipta www.ubaybimbel.com

diperkenankan untuk membagikan, dengan syarat : 

  1. Tidak mengubah sedikitpun, 
  2. Mencantumkan link/sumber kami
  3. Harus ada ijin tertulis, jika ingin dimuat di media komersil

===============================

Untuk Informasi atau Registrasi Ubay Bimbel <klik di sini>

© Copyright 2020 Ubay Bimbel || Bimbel CPNS & PPPK